AHLANWASALAN for reader!!!

Rabu, 02 Mei 2012

Belajar Dari Masa Lalu


Belajar dari Masa Lalu: Untuk Menjadi Bijaksana

Sejarah adalah sebagian dari identitas suatu bangsa. Bangsa yang hidup jauh setelahnya mengenangnya sebagai sebuah kebanggaan. Jika waktu terus berjalan menapaki tahun ke tahun, sejarah akan menempatkan diri di bingkai kenangan dan nostalgia. Bukan tidak mungkin, satu abad atau seribu tahun yang akan datang, apa yang terjadi sekarang akan terhapus dalam kenangan karena tidak meninggalkan catatan yang bisa dipelajari di zaman yang akan datang. Bangsa yang besar adalah bangsa yang mempelajari sejarah bangsanya sendiri.“Pelajarilah sejarah, agar kita tidak tergelincir di hari depan”, ungkapan diatas dikemukakan oleh Thomas Carlyle. Sejarah adalah bekal penting untuk pembelajaran diri dalam menyongsong masa depan. 
JASMERAH, Jangan Sekali-kali Melupakan Sejarah. Ini merupakan judul pidato terakhir Soekarno sebelum akhirnya turun dari tampuk kepemimpinan. Judul ini menjadi sebuah pengingat akan pentingnya sejarah untuk senantiasa dipelajari dan ditelusuri. Saat ini, banyak orang lupa dari mana mereka ‘berasal’, lupa bagaimana setiap sendi kehidupan mereka terbentuk sedemikian rupa hingga seperti saat ini. Sejarah adalah faktor penting untuk masa depan kehidupan yang lebih baik. Orang bilang, “Masa lampau selalu aktual.”

Seperti halnya kehidupan, sejarah menampilkan dan memotret semua hal yang terjadi di dunia ini seperti: kepongahan, kesederhanaan, kekejaman, kesengsaraan, kemanusiaan, dan keadilan. Sehingga dengan mempelajari sejarah diharapkan manusia akan menjadi lebih bijaksana dalam memandang kehidupan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar sesuka hati